Categories
Uncategorized

Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Nama : Firda Kurotun Nihlah

NIM   : 1903036094

Tugas Sistem Informasi Manajemen

Jadi, apa saja sih yang ada didalam sistem informasi manajemen itu? Mari simak yuk penjelasannya…

1.) Adapun penjelasannya yaitu :

• Jadi definisi Operational Excellence sesungguhnya adalah ketika setiap karyawan dapat melihat langsung proses kepada pelanggan, dan memperbaiki arus itu saat rusak. Artinya ini berarti setiap karyawan mengetahui bahwa produk bergerak dari proses A ke proses B dalam jumlah tertentu, pada waktu tertentu, ke lokasi tertentu.

b. New product, services, and business models

• New product development adalah proses lengkap yang dilakukan untuk menghasilkan produk baru kepada pelanggan atau pasar. Proses ini mencakup beberapa tahap mulai dari menghasilkan ide, mengumpulkan informasi tentang kebutuhan dan keinginan target pasar, merancang produk, dan mengujinya.

• Jasa atau Layanan (Services) adalah produk ekonomi tidak berwujud yang disediakan oleh seseorang atas permintaan orang lain. Dapat dikatakan bahwa layanan adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang lain. Layanan hanya dapat disampaikan pada saat tertentu dan tidak memiliki identitas fisik serta tidak dapat dimiliki, layanan hanya dapat digunakan. Sebagai contoh, kita membeli tiket untuk menonton film di bioskop A, ini tidak berarti kita membeli bioskop tersebut tetapi kita hanya membayar harga layanan yang tersedia saja.

• Business model adalah sebuah model dasar yang menjelaskan bagaimana sebuah bisnis dapat menghasilkan keuntungan. Contoh sederhananya, kamu menerapkan bisnis online dengan menerapkan metode pembayaran digital.

c. Customer and Supplier Intimacy

• Customer intimacy adalah strategi bisnis yang dilakukan dengan memberikan perhatian tinggi terhadap kebutuhan pelanggan. Contohnya yaitu Salah satu faktor yang membuat Nike bersaing dengan Adidas puluhan tahun silam, seperti ditulis Harvard Business Review. Saat itu, sebagai pendatang baru, Nike berusaha lebih memahami pelanggannya demi mengejar Adidas yang sudah lebih dahulu menguasai pasar.

d. Improved Decision Making

• Decision making adalah salah satu skill yang harus dimiliki setiap karyawan karena bisa sangat membantu dalam berkarier.Setiap orang pasti pernah membuat keputusan atau decision making selama hidupnya. Mulai dari memilih baju untuk dikenakan hingga menentukan makan siang. Namun, saat mulai bekerja, kemampuan decision making menjadi lebih penting karena setiap keputusan yang dibuat akan berpengaruh untuk anggota tim dan perusahaan. Contoh skill decision making adalah Active listening atau kemampuan mendengarkan yang aktif tidak kalah pentingnya dan sangat berperan dalam proses pengambilan keputusan. Dalam proses pengambilan keputusan tentu saja kita harus selalu menerima masukan dari orang lain. Apalagi jika orang tersebut memang memiliki kemampuan yang mumpuni.

e. Competitive advantage

• Competitive advantage adalah keuntungan lebih dari pesaing yang diperoleh dengan menawarkan konsumen pada nilai yang lebih besar, baik dengan penawaran harga yang lebih rendah atau dengan memberikan keuntungan lebih pada layanan konsumen dengan harga yang lebih tinggi. Adapun Contoh dari penerapan competitive advantage adalah perusahaan Alibaba Group sebagai bisnis ritel online terbesar di Cina. Perusahaan yang menciptakan keuntungan dengan memanfaatkan kemitraan, investasi dan aliansi untuk terus menyesuaikan penawaran mereka dengan dasar kebutuhan pelanggan yang terus berubah.

f. Survival

• Survival adalah kemampuan seseorang untuk bertahan hidup dalam keadaan yang kurang menguntungkan disekelilingnya. Timbulnya kebutuhan survival karena adanya usaha manusia untuk keluar dari kesulitan yang dihadapi.

• Contohnya yaitu seperti menentukan strategi bisnis, perusahaan perlu memikirkan strategi bisnisnya lagi. Jika dengan strategi bisnis yang sedang dijalankan perusahaan masih dapat berjalan, maka sebaiknya pertahankan. Namun, jika tidak dapat bertahan perusahaan dapat menggunakan melakukan pivot dari core bisnis. Pivot sendiri memiliki arti mencari model bisnis yang lain, namun tetap berada divisi yang sama dengan perusahaan. Bisa juga perusahan menjalankan keduanya secara bersamaan.

2.) Menurut Porter, sifat daya saing dalam suatu industri tertentu dapat di lihat sebagai gabungan dari lima kekuatan yaitu :

• 1. Persaingan di antara perusahaan yang ada

Persaingan antar perusahaan yang ada merupakan hal yang paling kuat dari lima kekuatan kompetitif. Strategi yang ditempuh oleh satu perusahaan dapat berhasil hanya sejauh bagaimana mereka memberikan keunggulan kompetitif atas strategi yang dituju oleh perusahaan pesaing. Perubahan strategi oleh satu perusahaan contoh nya yaitu, seperti menurunkan harga, meningkatkan kualitas, menambahkan fitur, menyediakan layanan, memperluas jaminan, dan meningkatkan iklan (David, 2011, p. 75-76).

• 2. Potensi masuknya pesaing baru

Setiap kali perusahaan baru dapat dengan mudah masuk industri tertentu, intensitas daya saing antara perusahaan meningkat. Ketika ancaman perusahaan baru memasuki pasar yang kuat, perusahaan umumnya membentengi posisi mereka dan mengambil tindakan untuk mencegah pendatang baru, seperti menurunkan harga, memperluas jaminan, menambahkan fitur, atau menawarkan spesialisasi pembiayaan (David, 2011, p. 76-77

• 3. Ancaman produk pengganti

Dalam banyak industri, perusahaan berada dalam persaingan dekat dengan produsen produk pengganti di industri lain. Contohnya adalah produsen plastik wadah bersaing dengan kaca, kertas karton, dan produsen aluminium bisa, dan produsen acetaminophen bersaing dengan produsen lain nyeri dan obat sakit/nyeri kepala. Kehadiran produk pengganti menempatkan langit-langit pada harga yang dapat diisi sebelum konsumen akan beralih ke produk pengganti.

• 4. Daya tawar pemasok

Daya tawar pemasok mempengaruhi intensitas persaingan dalam suatu industri, terutama ketika ada sejumlah besar pemasok, ketika hanya ada beberapa yang baik pengganti bahan baku, atau ketika biaya beralih bahan baku terutama mahal. Hal ini berlaku, misalnya, dalam industri peralatan listrik luar ruangan di mana produsen mesin pemotong rumput, anakan rotary, blower daun, dan edgers seperti Murray umumnya mendapatkan mesin kecil mereka dari produsen luar seperti Briggs & Stratton yang mengkhususkan diri dalam mesin tersebut dan memiliki ekonomi skala besar (David, 2011, p. 77).

• 5. Daya tawar pembeli

Daya tawar konsumen juga lebih tinggi bila produk yang dibeli adalah standar atau tidak terdiferensiasi. Ketika hal ini terjadi, konsumen sering dapat menegosiasikan harga jual, cakupan garansi, dan paket aksesori untuk tingkat yang lebih besar. Daya tawar konsumen dapat menjadi kekuatan yang paling penting yang mempengaruhi keunggulan kompetitif.

3.) Strategi Bersaing Generik

• Dua tipe dasar keunggulan kompetitif dikombinasikan dengan ruang lingkup kegiatan untuk bagaimana perusahaan berusaha mencapainya, menghasilkan tiga strategi generik untuk mencapai kinerja diatas rata-rata dalam suatu industri, yaitu:

1.  biaya (cost leadership),

2. Diferensiasi (differentiation), dan

3. Fokus (focus).

• Masing-masing dari strategi generik melibatkan rute fundamental berbeda untuk keunggulan kompetitif, menggabungkan pilihan tentang jenis keunggulan kompetitif ditelusuri dengan lingkup sasaran strategis untuk mencapai keunggulan kompetitif.

• Kepemimpinan biaya (cost leadership) dan strategi diferensiasi (differentiation) mencari keunggulan kompetitif di berbagai segmen industri, sedangkan strategi fokus (focus strategy) mengacu pada keunggulan biaya atau diferensiasi dalam segmen yang lebih sempit (Porter, 1985, p. 11).

4.) Adapun penjelasannya yaitu :

• Business Intelligence adalah sebuah profesi yang bertugas mengolah dan menganalisis data yang berkaitan dengan bisnis sehingga dapat membantu perusahaan menghasilkan keputusan yang tepat. Hasil akhir dari proses tersebut meliputi kebutuhan industri, gambaran keuntungan, strategi pemasaran yang tepat dan pengambil ketetapan lainnya.

• Contoh penerapan business intelligence dalam perusahaan yaitu tren makanan ringan saat bulan Ramadhan. Business intelligence akan mengumpulkan informasi kondisi pasar dan mengolahnya menjadi data yang dibutuhkan oleh perusahaan dari segi bisnis. Misalkan saja pada momen Ramadhan tersebut, ada saat dimana masyarakat mulai mencari makanan yang cocok disantap ketika buka puasa atau ketika sahur. Maka tim BI akan memberikan saran seperti apa strategi komunikasi dan pemasaran yang tepat untuk perusahaan tersebut.

b. DSS atau decision support system

• adalah salah satu sistem manajemen pengetahuan yang memiliki peran dalam mendukung proses pengambilan keputusan untuk suatu perusahaan ataupun organisasi.

• Contoh sederhananya, sebagian besar dari kita pasti kenal brand ponsel terkenal di dunia yaitu Nokia. Dulu, mereka di klaim sebagai perusahaan terdepan dalam industri telepon dan mampu menghadirkan inovasi yang digandrungi oleh seluruh konsumen di hampir seluruh dunia. Tapi, karena selalu menganggap remeh teknologi telepon genggam terbaru, maka Nokia kalah saing dengan bisnis lain dan berakhir bangkrut. Yang dialami oleh Nokia ini disebabkan karena kesalahan mereka dalam mengambil keputusan. Hasilnya, Nokia yang waktu dulu sempat menjadi perusahaan terdepan di dunia, kini hanya tinggal sejarahnya saja. Kasus Nokia ini adalah salah satu dari banyaknya contoh tentang pentingnya perusahaan ataupun organisasi dalam hal mengambil keputusan. Masih Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan agar bisa memilih suatu keputusan yang tepat untuk kepentingan bisnis nya.

c. Executive Support System (ESS)

• Executive Support System merupakan jenis sistem pendukung manajemen yang memberikan informasi kepada senior executive untuk membantu dalam pengambilan keputusan. ESS memberikan akses yang mudah untuk bisa mengetahui informasi internal dan eksternal yang relevan dengan tujuan perusahaan. Dengan ESS, manajer dapat dengan mudah mengkomunikasikan sebuah grafik atau informasi pendukung lainnya kepada anggota perusahaan yang berada dibawah tanggung jawabnya.

d. EAI singkatan dari Enterprise Application Integration

• Ini adalah proses program aplikasi komputer perusahaan untuk meningkatkan fungsi dan kinerja. Contoh penggunaan sistem EAI di industri manufakturing adalah system pertukaran data secara elektronis antara sistem Frisian Flag Indonesia (FFI) dan para logistic provider yang menggunakan aplikasi middleware (EAI).  Alur proses dari FFI ke logistic provider ini meliputi: pengiriman produk jadi (finished goods) dari pabrik ke Main Distribution Centre (MDC), lalu dari MDC ke gudang cabang, dan seterusnya hingga ada bukti penerimaan barang dari pelanggan.

e. Supply Chain

• adalah ‘rantai’ atau jaringan yang menghubungkan perusahaan dengan supplier-nya, untuk tujuan produksi barang yang akan dijual ke pelanggan. Intinya, supply chain merupakan gambaran besar dari tahapan yang harus dilewati dari sebelum produksi sampai produk akhir tiba di tangan pembelinya.Contohnya adalah pada bagian logistik atau pengiriman barang, biaya yang dikeluarkan cukup tinggi. Dari permasalahan tersebut, akan dicari solusi dan strategi terbaik agar pengeluaran bisa ditekan tanpa mengurangi kualitas produk yang dikirimkan. Misalkan, mencari promo dari partner logistik atau beralih ke partner lain yang lebih menguntungkan. Hal ini tentu saja penting, karena perusahaan butuh menekan biaya produksi, mempertahankan kualitas, dan tetap mendapat untung dari hasil penjualan.

f. Customer Relationship Management System

• CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi. Membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, pelanggan yang puas dan loyal. Contoh customer relationship makanan misalnya bisnis cake and bakery yang memberikan diskon kue ulang tahun untuk customer setia mereka. Contoh customer relationship makanan lainnya adalah restoran ayam geprek yang memberikan sampel gratis saat mengeluarkan rasa baru agar mendapat feedback dari customer. Atau restoran steak yang memberi tahu pelanggan mereka bahwa ada diskon 50% jika customer makan bersama keluarga mereka pada hari Sabtu, ini juga merupakan contoh customer relationship makanan yang bisa ditiru.

g. Knowledge Management System (KMS)

• Knowledge Management System adalah sistem yang memfasilitasi disiplin dan budaya untuk identifikasi, menyimpan dan sharing knowledge antar anggota organisasi. Contoh penerapan knowledge management adalah ITCP (Indonesian Technical Cooperation Programmes). ITCP merupakan proyek yang dikembangkan oleh Sekretariat Kabinet Indonesia. Tujuannya untuk berbagi informasi dan keahlian antara Indonesia dengan negara berkembang lainnya. Aktivitas ITCP meliputi pelatihan; studi kunjungan; pertemuan kelompok yang mencakup area pertanian, pendidikan, informasi, sumber alam, perencanaan keluarga, dan sebagainya.

h. E- Business

• E-Business (Electronic Business) merupakan suatu kegiatan transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan dengan melalui perangkat elektronik atau juga dengan internet sehingga perusahaan itu dapat langsung berinteraksi dengan costumer, supplier ataupun juga rekan bisnis. Contohnya seperti toko-toko fashion yang tidak hanya juga menjalankan bisnisnya di dunia nyata namun tapi mereka juga menjalankan bisnisnya itu dengan cara online.

I . E- Commerce

• E-commerce atau yang biasa disebut dengan perdagangan elektronik adalah aktivitas yang mendukung penjualan maupun pembelian secara elektronik. E-commerce melingkupi transfer uang, sistem manajemen data, maupun penghitungan stok produk. Contoh e-commerce yang telah mempunyai sistem keamanan baik adalah Shopee, Tokopedia, Lazada maupun Bukalapak.

j. E- Government

• E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Contohnya yaitu seperti E-KTP Government to Business (Pemerintah ke Pelaku Usaha), Contohnya pada proses perizinan pendirian usaha dan investasi, pengadaan lelang oleh pemerintah, dan kegiatan lain yang membutuhkan informasi secara online bagi pelaku usaha.

5.) Adapun contoh sistem yang digunakan didunia pendidikan yaitu:

• Sistem informasi akademik kampus

• b. Sistem informasi perpustakaan

• c. Sistem informasi manajemen guru

• d. Sistem informasi pembayaran SPP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *